Selasa, 30 September 2014

TANGGAPAN: IBNU TAIMIYYAH TAUBAT KE DALAM AQIDAH ASY'ARIYAH

Penulis: Rizki Maulana
Suatu hal yang membingungkan banyak orang adalah disebutkan pada sebagian sumber bahwa Syaikhul Islam Rahimahullah telah menulis sebuah surat yang didalamnya terdapat aqidah yang menyalahi apa yang ia dakwahkan dan fatwakan sepanjang hidupnya, bahkan menjadi sebab ia dimasukkan kedalam penjara.

ABDULLAH BIN SABA ADALAH TOKOH NYATA, BUKAN TOKOH FIKTIF

Penulis: Rizki Maulana

Dari dulu hingga sekarang orang-orang syi'ah sangat masyhur akan kebodohannya. Miskin dalam 'ilmu Agama namun banyak berbicara bahkan berdusta mengenainya hingga mereka pun menjadi kaum yang sesat dan menyesatkan. Contoh dekat, jika anda seorang Facebooker, tentu anda mendapati mereka dengan sok fasihnya berkata begini dan begitu, padahal cuma copas dan lebih parahnya tanpa diteliti terlebih dahulu.

DEFINISI SIHIR DALAM PANDANGAN ISLAM

Penulis: Rizki Maulana 

Sihir secara bahasa adalah :
عبارة عما خفى ولطف سببه، ولهذا جاء في الحديث : إِنَّ مِنَ الْبَيَانِ لَسِحْراً. وسمى السحر سحرا لأنه يقع خفياً آخر الليل
“Ungkapan terhadap sesuatu yang tersembunyi dan tidak diketahui sebabnya. Oleh karena itu, terdapat dalam hadits : ‘Sesungguhnya dalam (sebagian) penjelasan termasuk sihir’.[1] Dan sihir dinamakan sihir karena ia terjadi secara diam-diam/tersembunyi di akhir malam” [Fathul-Majiid, hal. 270].

DEFINISI AT-TAFWIDH DAN MAKNA HAKIKI

Penulis: Rizki Maulana
Allah ta’ala mengutus Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam untuk menjelaskan kepada umatnya apa yang telah diturunkan kepada beliau berupa Al-Qur’an. Allah ta’ala berfirman :
وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ
“Dan Kami turunkan kepadamu Al Qur'an, agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan” [QS. An-Nahl : 44].

SIAPAKAH AHLUL BAIT NABI SHALLALLAHU 'ALAIHI WA SALLAM

Penulis: Rizki Maulana

Pembahasan Ahlul-Bait menjadi pembahasan yang cukup penting untuk dikupas, karena ada di antara kaum muslimin yang berlebih-lebihan dalam mencintai seperti Syi’ah Rafidlah, dan di antara mereka ada yang berlebih-lebihan dalam membenci dan memusuhi seperti Nawaashib. Adapun golongan pertengahan di antara dua sisi ekstrim tersebut adalah Ahlus-Sunnah. Ahlus-Sunnah adalah ahlul-wasath. Mereka mencintai Ahlul-Bait menurut apa yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya.

Kamis, 25 September 2014

SEKILAS TENTANG MUHAMMAD BIN ISHAQ (IBNU ISHAQ)

Penulis: Rizki Maulana 
Prolog : Beberapa tulisan yang beredar (termasuk yang ada di internet), bacaan celaan yang telah dialamatkan secara tidak proporsional kepada Muhammad bin Ishaq (Ibnu Ishaq). Hampir semua muara pembahasan itu berakhir pada kesimpulan untuk meragukan riwayat yang dibawakan oleh Ibnu Ishaq, baik dalam riwayat hadits ataupun sirah. Sebagaimana biasa,.... tulisan ini akan sedikit membahas tentang hal itu dengan mengambil satu bagian pembahasan dari buku As-Sirah An-Nabawiyyah Ash-Shahiihah karya Prof. Dr. Akram Dliyaa’ Al-’Umariy, 1/ 56 – 60, Maktabah Al-’Uluum wal-Hikam, Al-Madinah Al-Munawarah, Cet. 6/1415.

TAKHRIJ (ANALISA) HADITS "AYAHKU DAN AYAHMU DI NERAKA"

Penulis: Rizki Maulana 
Al-Imaam Muslim rahimahullah berkata :
وحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا عَفَّانُ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ أَنَسٍ، أَنَّ رَجُلًا، قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَيْنَ أَبِي؟ قَالَ: فِي النَّارِ، فَلَمَّا قَفَّى، دَعَاهُ، فَقَالَ: " إِنَّ أَبِي وَأَبَاكَ فِي النَّارِ "

Senin, 22 September 2014

BERTERIMA KASIH-LAH KEPADA ASWAJA!!

Penulis: Rizki Maulana

Dahulu, Al-Arify pernah berkata di depan umat manusia, “Terima kasih, Bush! Kau akan bertanya-tanya, “Aduhai…gerangan mengapakah kau berterima kasih pada penjahat semacamnya? Sudah habiskah insan berbudi di bumi hingga kau berterima kasih pada penjahat ini?”

MEREKA TAKUT TERHADAP ISLAM!! MOSLEM DEMOGRAPHICS!!

Penulis: Rizki Maulana

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :
تَزَوَّجُوا الْوَدُودَ الْوَلُودَ، فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ
“Nikahilah oleh kalian wanita yang penyayang lagi subur, karena akan berbangga akan jumlah kalian di hadapan umat-umat yang lain” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 2050, An-Nasaa’iy no. 3227, dan yang lainnya; shahih].

Senin, 15 September 2014

HUKUM PLAGIAT DAN BAHAYANYA DALAM PANDANGAN ISLAM

Oleh: Rizki Maulana

قال الإمام الألباني : قال العلماء : ( مِنْ بَرَكَةِ الْعِلْمِ عَزْوُ كُلِّ قَوْلٍ إِلَى قَائِلِهِ ) ، لأنّ في ذلك ترفّعاً عن التزوير الذي أشار إليه النبيّ صلّى الله عليه وسلّم في قوله : ” المتشبّع بما لم يعط كلابس ثوبَي زور ” متفق عليه .

Kamis, 11 September 2014

HAJR (PEMBOIKOTAN)

Penulis: Rizki Maulana
Jenis-Jenis Hajr
Ada tiga macam jenis hajr, yaitu :
1.     Hajr (dalam pandangan agama) untuk menegakkan hak-hak Allah. Hajr jenis ini mencakup hajr terhadap perbuatan jelek dan hajr terhadap pelakunya baik ia seorang ahli bid’ah atau ahli maksiat.

KEDUDUKAN 'AQL DAN NAQL DALAM ISLAM

Penulis: Rizki Maulana

Akal dalam pandangan Islam diletakkan pada tempat yang layak, tidak meninggikannya hingga menjadi sesuatu yang dipertuhankan, tetapi juga tidak direndahkan atau dihinakan hingga penyandangnya tidak ubahnya seperti hewan.[1]