Senin, 24 November 2014

MEMAHAMI ARTI "JIHAD" YANG SESUNGGUHNYA

Penulis: Rizki Maulana
Tidak diragukan lagi bahwa jihad adalah amal kebaikan yang Allah syari’atkan dan menjadi sebab kokoh dan kemuliaan umat islam. Sebaliknya (mendapatkan kehinaan) bila umat Islam meninggalkan jihad di jalan Allah, sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang shohih [1],

Sabtu, 22 November 2014

ABUL HASAN AL-ASY'ARI TAUBAT KE AQIDAH SALAFIYYAH ATAU AQIDAH ASY'ARIYYAH?

Penulis: Rizki Maulana
Beliau adalah Abul-Hasan ‘Aliy bin Ismaa’iil bin Abi Bisyr Ishaaq bin Saalim bin Ismaa’iil bin ‘Abdillah bin Muusaa bin Amir kota Bashrah, Bilaal bin Abi Burdah bin shahabat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, Abu Muusaa ‘Abdullah bin Qais bin Hadlaar Al-Asy’ariy Al-Yamaaniy Al-Bashriy. 

Kamis, 20 November 2014

MEMBEDAH BUKU "MADZHAB AL-ASY'ARI"

Penulis: Rizki Maulana
Telah sampai kepada kami (saya: Rizki Maulana dan rekan-rekan saya) sebuah buku yang berjudul Madzhab Al-Asy’ari Benarkah Ahlus sunnah Wai Jama’ah? Jawaban Terhadap Aliran Salafi. Di dalam kata pengantar dari buku ini disebutkan bahwa buku ini menjawab ungkapan-ungkapan yang mempertanyakan penisbahan Madzhab al-Asy’ari kepada Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

Senin, 17 November 2014

KERUSAKAN DALAM PERAYAAN TAHUN BARU

Penulis: Rizki Maulana
Manusia di berbagai negeri sangat antusias menyambut perhelatan yang hanya setahun sekali ini. Hingga walaupun sampai lembur pun, mereka dengan rela dan sabar menunggu pergantian tahun. Namun bagaimanakah pandangan Islam -agama yang hanif- mengenai perayaan tersebut? Apakah mengikuti dan merayakannya diperbolehkan? Semoga artikel yang singkat ini bisa menjawabnya.

MENGENAL RIBA LEBIH DEKAT

Penulis: Rizki Maulana
Banyak sekali kaum muslimin telah mengetahui pengharaman riba namun masih terjebak karena tidak mengenal hakekat riba. Karenanya kami sampaikan hakekat riba dalam penjelasan sebagai berikut:

Kamis, 13 November 2014

MENGKRITISI DZIKIR BERJAMA'AH

Penulis: Rizki Maulana
Bismillah walhamdulillah… sholawat dan salam untuk hamba dan Rosul-Nya, para keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang baik, hingga hari kiamat nanti…

Minggu, 09 November 2014

KAIDAH PENTING DALAM MEMAHAMI AL-QUR'AN DAN HADITS

Penulis: Rizki Maulana
Umat Islam memiliki modal yang sangat besar untuk bersatu, karena mereka beribadah kepada ilaah (Tuhan) yang satu, mengikuti nabi yang satu, berpedoman kepada kitab suci yang satu, berkiblat kepada kiblat yang satu. Selain itu, ada jaminan dari Allah dan Rasul-Nya, bahwa mereka tidak akan sesat selama mengikuti petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala, berpegang-teguh kepada Alquran dan al Hadits.

HUKUM PAJAK DALAM FIQIH ISLAM


Penulis: Rizki Maulana

Menurut imam al-Ghazali dan imam al-Juwaini, pajak ialah apa yang diwajibkan oleh penguasa (pemerintahan muslim) kepada orang-orang kaya dengan menarik dari mereka apa yang dipandang dapat mencukupi (kebutuhan Negara dan masyarakat secara umum, pent) ketika tidak ada kas di dalam baitul mal.” (Lihat Syifa’ul Ghalil hal.234, dan Ghiyats al-Umam Min Iltiyats Azh-Zhulmi hal.275).

Senin, 03 November 2014

USAHA PARA ULAMA NUSANTARA DALAM MEMBERANTAS TASAWUF

Penulis: Rizki Maulana
Sesungguhnya kebenaran dan kebathilan akan terus berselisih hingga datangnya ketetapan Allah ‘Azza wa Jalla. Dan antara kedua-duanya memiliki pembela masing-masing. Akan tetapi akibat yang baik akan dimiliki yang haq dan pembelanya. Sekiranya kebathilan itu nampak di suatu zaman maka harus dilenyapkan dan dibantah.

Minggu, 02 November 2014

BANTAHAN TELAK BAGI YANG NEKAT MELEGALKAN BID'AH HASANAH

Penulis: Rizki Maulana

Berikut ini, saya (Rizki Maulana) akan memaparkan tanggapan saya terhadap salah satu web aswaja yang bernama https://mutiarazuhud.wordpress.com/tag/kullu-bidatin-dholalah/ yang dikelola oleh Zon Jonggol, seorang tokoh NU pembenci dakwah Salafiyyah dan dikenal begitu lihai memahami dalil-dalil dengan ilmu bahasa Arab secara tidak pada tempatnya alias salah beristimbath dalam meletakkan dalil.

USAMAH BIN LADEN DI MATA ULAMA AHLUS SUNNAH

Penulis: Rizki Maulana
Berikut ini kami hadirkan pandangan para ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah (Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah, Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i rahimahullah, & Syaikh Rabi’ bin Hadi Al-Madkhali hafizhahullah) terhadap Syaikh Usamah bin Laden rahimahullah (pimpinan jaringan Al-Qaeda).

Semoga bermanfaat.

BIOGRAFI KETUA ULAMA NUSANTARA, SYAIKH MUHAMMAD NUR AL-FATHANI

Penulis: Rizki Maulana

A.   Nasab dan Kelahirannya

Beliau bernama lengkap Muhammad Nur bin Muhammad bin Isma’il Al Jawi Al Fathani Al Makki As Salafi rahimahullahBeliau dilahirkan di Makkah pada tahun 1290 H di tengah keluarga yang gemar menuntut ilmu. Terbukti dengan kedudukan Syaikh Muhammad Shaghir, ayah Al Fathani, adalah seorang ulama kenamaan. Hal ini sebagaimana diisyaratkan oleh Syaikh ‘Abdus Sattar Ad Dahlawi dalam kamus tarajim-nya, Faidhul Malikil Wahhabil Muta’ali bi Anba’i Awailil Qarnits Tsalits ‘Asyar wat Tawali (3/ 1641), yang menggelari Muhammad Shaghir dengan ‘alim, fadhil, dan syaikh.