Minggu, 29 Juni 2014

LARANGAN ISBAL (PERHATIKANLAH!!!)

Penulis: Rizki Maulana

الحمد لله وكفى, والصلاة والسلام على رسوله المصطفى, وعلى آله وصحبه ومن اهتدى, أمابعد    عن أبي ذر عن النبي صلى الله عليه وسلم  قال: ثلاثة لا يكلمهم الله يوم القيامة ولا ينظر إليهم ولا يزكيهم ولهم عذاب أليم. قال فقرأها رسول الله صلى الله عليه وسلم  ثلاث مرارا. قال أبو ذر: خابوا وخسروا من هم يا رسول الله؟ قال: المسبل والمنان والمنفق سلعته بالحلف الكاذب  (رواه مسلم)

TANGGAPAN TERHADAP ABU SALAFY: ALLAH BERADA DI ATAS PUNGGUNG DELAPAN EKOR KAMBING HUTAN?

 Penulis: Rizki Maulana
Lagi,… ada tulisan menarik dari Abu Salafy yang patut kita cermati (baca : kritisi). Pada blognya (lihat : http://abusalafy.wordpress.com/2008/12/27/allah-nya-kaum-wahhabiyah-bersemayam-di-atas-arsy-dan-arsy-nya-di-atas-punggung-delapan-kambing-hutan/) ia membuat satu kesimpulan bahwa Allah-nya ‘Wahabiy’ berada di atas ‘Arsy, dimana ‘Arsy itu berada di atas punggung kambing hutan yang sangat besar. Mari kita simak apa yang dikatakannya itu :

Rabu, 25 Juni 2014

LARANGAN BERDEBAT DALAM MASALAH AGAMA

Ahlus Sunnah wal Jama’ah Melarang Perdebatan dan Permusuhan Dalam Agama
.
Karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam telah melarang dari hal tersebut. Dalam Ash-Shohihain dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda :

INILAH ALASAN USTADZ-USTADZ SALAFY TIDAK MAU BERDEBAT



TUDUHAN

“Yg ana sesalkan knp asatidz dr salafi tidak berani diskusi terbuka dg org yg mrk tuduh khowarij ?. Bukankah salaf kt yaitu ibnu abbas mencontohkan kpd kt yaitu, melakukan debat terbuka dg khowarij. Lah ? Ini mah nuduh dulu. Pas diajak mencontoh ibnu abas tdk berani. Pdhl ibnu abbas itu nyamperin khowarij lho ?. jd kl mau ikut salaf yg konsisten dong. Buku syubhat salafi, salah kaprah salafi, salafi penghianat salafusholeh dan bahaya penyimpangan neo murjiah sudah ada. Tp sampai detik ini tidak ada satupun asatidz dari salafi yg menantang debat terbuka atau bedah buku tsb didepan publik. Alasannya mrk berdalih ngapain debat dg ahli bidah ? Lah ? Bknnya khowarij itu ahli bidah ?. Knp bisa dan beraninya cm diblog atau dunia maya ?…siapa salaf yg kalian contoh ?”.

KUBURAN 70 NABI DI MASJID KHAIF

  Penulis: Rizki Maulana
Tanya : Apakah benar riwayat yang menyatakan bahwa Masjid Khaif itu di dalamnya ada makan 70 orang Nabi ? dan apakah bisa dijadikan dalil boleh mendirikan masjid di atas kubur dan shalat di dalamnya ?.

Senin, 23 Juni 2014

KAFIRKAH KEDUA ORANG TUA NABI?

  Penulis: Rizki Maulana
Tidak dipungkiri bahwa kedudukan para Nabi dan Rasul itu tinggi di mata Allah. Namun hal itu bukanlah sebagai jaminan bahwa seluruh keluarga Nabi dan Rasul mendapatkan petunjuk dan keselamatan serta aman dari ancaman siksa neraka karena keterkaitan hubungan keluarga dan nasab. Allah telah berfirman tentang kekafiran anak Nabi Nuh ‘alaihis-salaam yang akhirnya termasuk orang-orang yang ditenggelamkan Allah bersama orang-orang kafir :

HADITS TENTANG KEISLAMAN ORANG TUA NABI DAN SELAMATNYA MEREKA DARI API NERAKA

Penulis: Rizki Maulana

عن عائشة قالت : «حج بنا رسول الله صلى الله عليه وسلم حجة الوداع ، فمرّ بي على عقبة الحجون وهو باكٍ حزين مغتم فنزل فمكث عني طويلاً ثم عاد إلي وهو فرِحٌ مبتسم ، فقلت له فقال : ذهبت لقبر أمي فسألت الله أن يحييها فأحياها فآمنت بي وردها الله »

BENARKAH SYAIKH BIN BAZ MENGKAFIRKAN SHAHABAT BILAL?

Penulis: Rizki Maulana

Pada artikel ini akan dituliskan uraian ringkas tentang kelemahan riwayat Maalik Ad-Daar yang dipakai oleh sebagian quburiyyuun untuk melegalkan tindakkan tawassul mereka di kubur Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan/atau orang shaalih. Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf (12/31) meriwayatkan sebagai berikut :

PENGERTIAN DARUL (NEGERI) ISLAM

  Penulis: Rizki Maulana
Istilah Daarul-Islaam terdapat dalam beberapa riwayat yang ternukil dari salaf, antara lain :
حَدَّثَنَا دُحَيْمٌ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ مُهَاجِرٍ، عَنِ الْوَلِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ، عَنْ سَلَمَةَ بْنِ نُفَيْلٍ، عَنِ النَّبِيِّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " عُقْرُ دَارِ الإِسْلامِ بِالشَّامِ "

KEWAJIBAN BERJILBAB BAGI MUSLIMAH DAN ANCAMAN BAGI YANG TAK MAU BERJILBAB

Penulis: Al-Muhaddits Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani 
 Pada edisi al-Hujjah  (Jilbab Wanita Muslimah oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani) telah dimuat syarat-syarat pakaian yang wajib dikenakan oleh wanita muslimah sampai dengan mengenakan pakaian yang memenuhi syari’at . Sehingga jadilah wanita muslimah berbeda dengan wanita yang bukan muslimah (baca: wanita kafir) dan memang seharusnya demikian.

HUKUMAN BUNUH BAGI ORANG MURTAD

 Penulis: Rizki Maulana
Stright to the point saja ya.....
Allah ta’ala berfirman :
إِنَّمَا جَزَاءُ الَّذِينَ يُحَارِبُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَسْعَوْنَ فِي الأرْضِ فَسَادًا أَنْ يُقَتَّلُوا أَوْ يُصَلَّبُوا أَوْ تُقَطَّعَ أَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ مِنْ خِلافٍ أَوْ يُنْفَوْا مِنَ الأرْضِ ذَلِكَ لَهُمْ خِزْيٌ فِي الدُّنْيَا وَلَهُمْ فِي الآخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Jumat, 20 Juni 2014

FENOMENA JASAD UTUH BERTAHUN-TAHUN SETELAH MENINGGAL

 Penulis: Rizki Maulana
Al-Imaam An-Nasaa’iy rahimahullah berkata :
أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا حُسَيْنٌ الْجُعْفِيُّ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ، عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ الصَّنْعَانِيِّ، عَنْ أَوْسِ بْنِ أَوْسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ عَلَيْهِ السَّلَام، وَفِيهِ قُبِضَ، وَفِيهِ النَّفْخَةُ، وَفِيهِ الصَّعْقَةُ، فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلَاةِ، فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ "، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَكَيْفَ تُعْرَضُ صَلَاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرَمْتَ أَيْ يَقُولُونَ قَدْ بَلِيتَ؟ قَالَ: " إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ حَرَّمَ عَلَى الْأَرْضِ أَنْ تَأْكُلَ أَجْسَادَ الْأَنْبِيَاءِ عَلَيْهِمُ السَّلَام

CATATAN RINGKAS: MENEGAKKAN SYARI'AT ISLAM

 Penulis: Rizki Maulana
Al-Imaam Muslim rahimahullah berkata :
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا لَيْثٌ. ح وحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحٍ، أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: أَعْتَقَ رَجُلٌ مِنْ بَنِي عُذْرَةَ عَبْدًا لَهُ عَنْ دُبُرٍ، فَبَلَغَ ذَلِكَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلِيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: " أَلَكَ مَالٌ غَيْرُهُ؟ "، فَقَالَ: لَا، فَقَالَ: " مَنْ يَشْتَرِيهِ مِنِّي؟ " فَاشْتَرَاهُ نُعَيْمُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْعَدَوِيُّ بِثَمَانِ مِائَةِ دِرْهَمٍ، فَجَاءَ بِهَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلِيْهِ وَسَلَّمَ فَدَفَعَهَا إِلَيْهِ، ثُمَّ قَالَ: " ابْدَأْ بِنَفْسِكَ فَتَصَدَّقْ عَلَيْهَا، فَإِنْ فَضَلَ شَيْءٌ فَلِأَهْلِكَ، فَإِنْ فَضَلَ عَنْ أَهْلِكَ شَيْءٌ فَلِذِي قَرَابَتِكَ، فَإِنْ فَضَلَ عَنْ ذِي قَرَابَتِكَ شَيْءٌ، فَهَكَذَا وَهَكَذَا يَقُولُ، فَبَيْنَ يَدَيْكَ وَعَنْ يَمِينِكَ وَعَنْ شِمَالِكَ "

KHILAFAH VS KERAJAAN

 Penulis: Rizki Maulana
Khilafah runtuh tahun 1924, setelah itu yang ada hanyalah kerajaan. Itu bukan kata ulama yang pernah saya dengar, akan tetapi kata teman saya dari Hizbut-Tahriir. Diskusi dengan tema ini adalah diskusi klasik yang telah beberapa kali saya lakukan dengan mereka.

BENARKAH HABIB ITU WALI ALLAH?

 Penulis: Rizki Maulana
Ketika disebut kata habib, maka yang langsung terbayang dalam benak kita adalah seorang keturunan Rasulullah yang memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki orang lainnya dan merupakan seorang wali Allah. Itulah yang dapat ditangkap dari pemahaman masyarakat terhadap habib ini.  Lalu siapakah wali Allah yang sebenarnya? Apakah benar setiap habib adalah wali Allah?

WALAU ENGKAU SEORANG HABIB!!

 Penulis: Rizki Maulana

Habib sudah ma’ruf di tengah-tengah kita adalah seorang keturunan Nabi. Namun kadang kita lihat tingkah laku mereka aneh.
 
Para habib kadang membuat-buat amalan sendiri, padahal tidak pernah diwariskan oleh leluhur mereka. Siapa yang jelek amalnya, maka tidak ada manfaat kedudukan atau nasab mulianya.

Selasa, 17 Juni 2014

DOWNLOAD MAKTABAH SYAMILAH

Penulis: Rizki Maulana

1) MENDOWNLOAD MAKTABAH SYAMILAH

Bagi para pembaca yang ingin mendownload Maktabah Syamilah bisa klik link ini :

KEWAJIBAN MENTAATI PENGUASA ATAU PEMERINTAH MUSLIM

 Penulis: Rizki Maulana
Peranan pemerintah atau pemimpin sangatlah penting. Sebuah negara tidak akan tercapai kestabilannya tanpa ada seseorang yang memimpin. Dan tanpa adanya seorang pemimpin dalam sebuah negara tentulah negara tersebut akan menjadi lemah dan mudah terombang-ambing oleh kekuatan luar. Oleh karna itu Islam memerintahkan untuk taat kepada pemimpin karena dengan ketaatan rakyat kepada pemimpin (selama tidak maksiat) maka akan terciptalah keamanan dan ketertiban serta kemakmuran.

MENYIKAPI PENGUASA YANG ZHALIM

 Penulis: Rizki Maulana

Tanya : Bagaimana sikap kita dalam menghadapi pemimpin/penguasa yang dhalim dimana ia menjalankan pemerintahannya tidak sesuai tuntunan Islam dan menyia-nyiakan hak rakyat ?

Senin, 16 Juni 2014

MEMBONGKAR KESESATAN KITAB BARZANJI

 Penulis: Rizki Maulana
Secara umum peringatan maulid Nabi shallallahu’alaihi wa sallam selalu disemarakkan dengan sholawatan dan puji-pujian kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, yang mereka ambil dari kitab Barzanji maupun Daiba’, ada kalanya ditambah dengan senandung Qasidah Burdah. Meskipun kitab Barzanji lebih populer di kalangan orang awam daripada yang lainnya, tetapi biasanya kitab Daiba’, Barzanji dan Qasidah Burdah dijadikan satu paket untuk meramaikan maulid Nabi shallallahu’alaihi wa sallam yang diawali dengan dengan membaca kitab Daiba’, lalu Barzanji, kemudian ditutup dengan Qasidah Burdah.

BERKENALAN DENGAN FITNAH..!!!

 Penulis: Rizki Maulana
Kata fitnah (الفِتْنَةُ) sering terlintas di telinga kita dan terucap di lisan, namun masih banyak orang yang belum memahaminya dengan baik.

Sebab ketika mendengar kata fitnah, maka dalam benak kita langsung mengarah kepada makna yang sempit yaitu “tuduhan yang tidak dilandasi bukti yang benar kepada seseorang atau kelompok tertentu dengan maksud menjelekkan orang (seperti, menodai nama baik, dan merugikan kehormatan orang).

HUKUM MEMINTA BANTUAN KEPADA ORANG KAFIR

Para ulama telah berbeda pendapat mengenai permasalahan ini. Sebagian ulama melarangnya, dan sebagian yang lain membolehkannya.

PENDAPAT IMAM SYAFI'I MENGENAI ORANG YANG MENINGGALKAN SHALAT

 Penulis: Rizki Maulana

Untuk mengetahui bagaimana pendapat beliau rahimahullah tentang hukum orang yang meninggalkan shalat karena malas, maka – setidaknya - langkah yang mesti ditempuh adalah mencermati perkataan beliau yang ada di kitab-kitab beliau, atau kitab-kitab yang ditulis oleh ashhaab atau ulama madzhab beliau, atau kitab-kitab yang ditulis oleh ulama lain. Oleh karena itu, melalui artikel ini saya (Rizki Maulana) akan mengajak Pembaca sekalian untuk mengetahui apa sebenarnya pendapat beliau dalam permasalahan ini.

TANGGAPAN: WAHABI MEMALSUKAN PERKATAAN IMAM MALIK RAHIMAHULLAH

Penulis: Rizki Maulana

Ada seseorang yang menamakan dirinya sebagai Abu Salafy yang mengatakan bahwa Wahaby-Salafy (yang kemudian ia sebut sebagai Mujassimah – sebagaimana kebiasannya) telah berdusta atas nama Al-Imam Malik bin Anas rahimahullah. Berikut perkataannya sebagaimana yang tertera di http://abusalafy.wordpress.com/2008/05/19/kaum-wahhabiyah-mujassimah-memalsu-atas-nama-salaf-2/ :

Sabtu, 14 Juni 2014

SEPUTAR HUKUM PUASA RAMADHAN

Penulis: Rizki Maulana

Puasa Ramadhan itu wajib bagi setiap muslim yang baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat, dan dalam keadaan mukim (tidak melakukan safar/perjalanan jauh). Yang menunjukkan bahwa puasa Ramadhan adalah wajib yaitu firman Allah ta’ala,

HUKUM MENGHORMATI BENDERA MERAH PUTIH

 Penulis: Rizki Maulana
Tanya : Apakah boleh berdiri untuk lagu kebangsaan dan hormat kepada bendera ?

KEUTAMAAN PERSIA

  Penulis: Rizki Maulana
Allah ta’ala berfirman :
وَآخَرِينَ مِنْهُمْ لَمّا يَلْحَقُواْ بِهِمْ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
“Dan (juga) kepada kaum yang lain dari mereka yang belum berhubungan dengan mereka. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” [QS. Al-Jum’ah : 3].

DHABB: KADAL GURUN

 Penulis: Rizki Maulana
Tahukah kawan, apa itu dlabb ?. Dlabb adalah sejenis kadal gurun yang mempunyai nama latin : Uromastyx aegyptius microlepis. Hewan ini sering diidentikkan lidah orang kita dengan biawak. Ini keliru. Dua hewan ini sangat berlainan[1]. Taksonomi dlabb (kadal gurun) adalah sebagai berikut :

TANGGAPAN: WAHABI MEMALSUKAN KITAB AL-ADZKAAR?

Penulis: Rizki Maulana

Tuduhan pemalsuan kitab ulama kepada Salafiyyun memang telah menjadi salah satu hobi baru para pengikut hawa nafsu. Mempertahankan keyakinan (bathil) mereka dan takut kehilangan pengikut mungkin menjadi motif utamanya. Diperparah lagi para muqallid-nya yang kebanyakan jahil/minim ilmu, akan tetapi punya hasrat kuat tampil sebagai komentator.

KRITIKUS BERMENTAL AUDITOR

Ada fenomena ‘sakit’ yang menjangkiti sebagian kita (saya termasuk di antaranya) dalam soal kratak-mengkritik. Sering kita saksikan ada seseorang yang merasa senang ketika mengkritik seseorang dan beranggapan bahwa 'hasil temuan' itu merupakan satu prestasi yang layak mendapatkan apresiasi.

KEPALSUAN KISAH 1001 MALAM OLEH ABU NUWAS

 Penulis: Rizki Maulana
Alkisah
Konon pada jaman Khaifah Harun Ar-Rasyid – salah satu khalifah Daulah Bani ‘Abbasiyyah – hiduplah seorang pujangga yang bernama Abu Nuwas (di Indonesia terkenal dengan nama Abu Nawas). Khalifah mempunyai hubungan dekat dengan Abu Nuwas ini, sedangkan Abu Nuwas adalah seorang yang suka meminum minuman keras, bermain dengan wanita, mendengarkan musik, berjoget dan berdansa, serta perbuatan lain semisalnya; sehingga khalifah pun banyak melakukan itu semua karena kedekatannya dengan Abu Nuwas.

KAIDAH-KAIDAH DALAM PENGKAFIRAN (PERHATIKANLAH!!!)

 Penulis: Rizki Maulana

Pertama : Pengkafiran adalah hukum syar’i dan merupakan hak murni milik Allah ta’ala, tidak dimiliki oleh individu atau kelompok tertentu.

Konsekuensi dari kaidah ini adalah seseorang tidaklah dikafirkan kecuali yang memang telah dikafirkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata :

Kamis, 12 Juni 2014

IBADAH MAHDHAH DAN IBADAH GHAIRU MAHDHAH

Penulis: Rizki Maulana

Ibadah mahdhoh adalah ibadah yg murni ibadah, jadi semata-mata tujuannya untuk cari pahala. Contohnya adalah shalat dan puasa.

MENYIKAPI PERSELISIHAN DALAM PENENTUAN AWAL DAN AKHIR RAMADHAN

 Penulis: Rizki Maulana
Di negeri yang kita cintai ini, hampir setiap tahunnya datangnya bulan suci Ramadhan dibarengi dengan adanya perselisihan diantara kaum muslimin mengenai penentuan awal dan juga akhir Ramadhan. Sebagian orang menggunakan metode ru’yatul hilal dan sebagian lagi lebih mempercayai hisab falaki atau perhitungan astronomis.

EMPAT BEKAL MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

Penulis: Rizki Maulana

Allah ta’ala berfirman,

وَالْعَصْرِ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ  إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman, beramal salih, saling menasihati dalam kebenaran, dan saling menasihati dalam kesabaran.” (QS. al-’Ashr : 1-3)

ADAKAH KEUTAMAAN MALAM NISFU SYA'BAN?

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

HADITS PALSU: KEUTAMAAN SURAT YAASIN

 Penulis: Rizki Maulana
Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah, kepada keluarganya, kepada para sahabatnya dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari Kiamat, amma ba’du:

AMALAN DI BULAN RAJAB

Penulis: Rizki Maulana

Segala puji bagi Allah Rabb Semesta Alam, shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga, para sahabat dan para pengikut beliau hingga akhir zaman. Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah Ta’ala karena pada saat ini kita telah memasuki salah satu bulan haram yaitu bulan Rajab. Apa saja yang ada di balik bulan Rajab dan apa saja amalan di dalamnya? Insya Allah dalam artikel yang singkat ini, kita akan membahasnya. Semoga Allah memberi taufik dan kemudahan untuk menyajikan pembahasan ini di tengah-tengah pembaca sekalian.

HADITS PALSU: CINTA TANAH AIR SEBAGIAN DARI IMAN?


A. PENGANTAR

Pada tanggal 17 Agustus, biasanya hadits ini seringkali muncul dalam upacara-upacara untuk menumbuhkan semangat patriotisme dan menyuburkan rasa kebangsaan. Sehingga hadits ini begitu populer sekali di masyarakat, dihafal bahkan dianggap sebagai suatu hadits yang diucapkan oleh Nabi Muhammad.
Namun permasalahannya adalah:

LARANGAN BERTASYABBUH TERHADAP ORANG-ORANG KAFIR

Penulis: Rizki Maulana

Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata :
أن المشاركة في الهدي الظاهر تورث تناسباً وتشاكلاً بين المتشابهين، يقود إلى موافقة ما في الأخلاق والأعمال، وهذا أمر محسوس، فإن اللابس ثياب أهل العلم يجد من نفسه نوع انضمام إليهم، واللابس لثياب الجند المقاتلة - مثلاً - يجد من نفسه نوع تخلق بأخلاقهم، ويصير طبعه متقاضياً لذلك، إلا أن يمنعه مانع.

SEKALI LAGI, HUKUM QUNUT SHUBUH

 Penulis: Rizki Maulana
Di blog ini pernah dibahas masalah hukum qunut Shubuh yang menyimpulkan – dari perbedaan pendapat di kalangan ulama yang ada - , amalan tersebut tidak disyari’atkan. Kali ini kita akan melihat bagaimana madzhab mayoritas salaf yang berkesesuaian dengan hal tersebut.

HUKUM QUNUT SHUBUH

Penulis: Rizki Maulana 

Melazimkan qunut shubuh secara terus menerus menurut pendapat yang paling shahih bukan merupakan sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Hal ini berdasarkan hadits :

CATATAN UNTUK USTADZ AHMAD SARWAT: MENGKRITISI DIALOG (PALSU) SYAIKH ALBANI DENGAN AL-BUTHY

Penulis: Rizki Maulana
Dalam salah satu artikel di situs “Warna Islam”, Al-Ustadz Ahmad Sarwat, Lc. pernah memberikan jawaban atas satu pertanyaan yang diajukan terkait buku yang ditulis Dr. Muhammad Sa’iid Ramadlan Al-Buuthiy yang berjudul Al-Laa Mazhabiyah, Akhtharu Bid'atin Tuhaddidu As-Syariah Al-Islamiyah. Pertanyaan tersebut fokus pada bahasan anti madzhab yang dilayangkan Dr. Al-Buuthiy kepada Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah. Ya, Dr. Al-Buuthiy telah menuduh Asy-Syaikh Al-Albaaniy sebagai tokoh anti madzhab masa kini. Madzhab paling merusak, katanya.

TAHLILAN MENURUT NU

Penulis: Rizki Maulana

Muktamar NU ke-1 di Surabaya tanggal 13 Rabiuts Tsani 1345 H/21 Oktober 1926

Mencantumkan pendapat Ibnu Hajar al-Haitami dan menyatakan bahwa selamatan kematian adalah bid’ah yang hina namun tidak sampai diharamkan dan merujuk juga kepada Kitab Ianatut Thalibin.

Sabtu, 07 Juni 2014

SIAPA HASAN AS-SAQQAF

Penulis: Rizki Maulana

Hassan Ibn Ali al-Saqqaf berasal dari Jordan. Beliau mendakwa dari keturunan Khalifah Ali Ibn Abi Talib radhiyallahu'anhu dan cukup berbangga dengan pangkat itu seolah-olah ianya menjaminkan dirinya bersifat ma'sum dan sentiasa di atas kebenaran.

HASAN AS-SAQQAF PUN MENCELA IMAM ABUL HASAN-AL-ASY'ARI

Penulis: Rizki Maulana
Sebelumnya telah ada dua pembahasan mengenai Hasan As-Saqqaf yang membongkar kedoknya; yang menunjukkan betapa keyakinan rafidhah amat nampak pada dirinya. Tulisan pertama adalah berkenaan tuduhan dia kepada Ahlus Sunnah bahwa Ahlus Sunnah adalah nawaashib dan yang kedua adalah berkenaan celaannya terhadap Shahabat agung Mu’awiyyah radhiyallaahu ‘anhu .

KEBINGUNGAN KRISTEN DALAM MEMAHAMI KONSEP "TRINITAS"

 Penulis: Rizki Maulana
Konsep "trinitas", yaitu Tuhan Maha Esa/Tunggal akan tetapi terdiri dari tiga anggota, namun ketiga anggota tersebut pada hakekatnya hanya satu.

PEMBAGIAN TAUHID MENJADI TIGA ADALAH "TRINITAS"?

 Penulis: Rizki Maulana
Merupakan perkara yang konyol dan lucu adalah perkataan sebagian ASWAJA atau sebagian Jahmiyah bahwasanya pembagian tauhid menjadi tiga, (1) Tauhid Ar-Rububiyah, (2) Tauhid Al-'Uluhiyah/al-'Ubudiyah, dan (3) Tauhid al-Asmaa' wa as-Sifaat, adalah sama dengan aqidah TRINITAS kaum Nasrani yang meyakini Allah terdiri dari 3 oknum.

MAULID ALA NABI!!

Ayo Bermaulid 'Ala Nabi ...!

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ؟ قَالَ: «ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ، وَيَوْمٌ بُعِثْتُ - أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ -
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari senin, maka beliau menjawab : "Itu adalag hari aku dilahirkan, hari aku diutus sebagai nabi, dan hari diturunkan wahyu kepadaku" (HR Muslim no 1162)

SEANDAINYA ENGKAU MOMBONGKAR AIBKU

Al-Imam Abu Muhammad Al-Qohthooni Al-Andalusi (ulama abad ke 7 hijriyah) dalam nuniyahnya berkata :

وزرعــــت لـــي بين القلوب محبة *** والعطف منك برحمة وحنان
Engkaulah (Ya Allah) yang telah menanamkan rasa mencintaiku di hati-hati manusia...
dan kelembutan dariMu serta rahmat dan kasih sayang

MENEBAR RAHMAT KEPADA SETIAP KAUM MUSLIMIN

 Penulis: Rizki Maulana
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabada :

إِنَّمَا يَرْحَمُ اللهُ مِنْ عِبَادِهِ الرُّحَمَاءَ
Sesungguhnya Allah hanya menyayangi hamba-hambaNya yang penyayang (HR At-Thobrooni dalam al-Mu'jam al-Kabiir, dan dihasankan oleh Syaikh Albani dalam shahih Al-Jaami' no 2377)

TANGISAN-TANGISAN RASULULLAH SHALLALLAHU 'ALAIHI WASALLAM

 Penulis: Rizki Maulana

Hati terasa keras…

Nasehat sudah sering terdengar…. lantunan ayat…sentuhan sabda-sabda Nabi…petuah-petuah para ulama….akan tetapi…??

PENGAKUAN SYAIKH YUSUF AL-QARDHAWI TENTANG KEILMUAN PARA ULAMA SAUDI

Penulis: Rizki Maulana

Syaikh Al-Qordhowi berkata :

مشايخ السعودية كانوا أنضج مني لأنهم عرفوا حقيقة ما يسمى "حزب الله" في حين كنت أدافع عنه إنه حزب الشيطان

MEMBONGKAR KOLEKSI KEDUSTAAN SYAIKH IDAHRAM BAGIAN 1: MUQODDIMAH

 Penulis: Rizki Maulana
Alhamdulilah, segala puji senantiasa kita panjatkan kepada bagi Allah yang senantiasa memberikan limpahan karuniaNya, semoga salawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan keluarga beliau serta seluruh sahabat beliau.

TANGGAPAN: DALIL-DALIL TAHLILAN!!

 Penulis: Rizki Maulana
Telah lalu tulisan saya tentang pengingkaran para ulama Syafi'iyah terhadap acara ritual tahlilan (silahkan dibaca kembali di Tahlilan Menurut Madzhab Syafi'iyah

KENAPA BANYAK ORANG TUA YANG MENGIZINKAN ANAKNYA BERPACARAN? PADAHAL ITU DOSA!!

 Penulis: Rizki Maulana
BERAWAL DARI PACARAN

Cinta sungguh banyak makna yang harus digali didalamnya. Cinta bukan melanda kaum muda, tua pun merasakannya.

MENYIKAPI PILPRES DALAM ISLAM

Penulis: Rizki Maulana

 Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Bagian dari sunatullah, kebenaran akan selalu bermusuhan dengan kebatilan. Bagian dari sunatullah pula, al-haq akan selalu berhadapan dengan al-bathil. Dan juga bagian dari sunatullah, islam akan selalu bermusuhan dengan kemunafikan dan kekufuran. Di masing-masing kelompok, mereka saling mendukung, saling tolong menolong. Ahlul batil bersama-sama berjuang menegakkan kebatilan. Ahlul haq saling bantu-membantu mewujudkan kebenaran. Anda bisa bandingkan karakter mereka di dua ayat berikut,

Jumat, 06 Juni 2014

HUKUM NIKAH MISYAR

 Penulis: Rizki Maulana

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Sebelum membahas hukum nikah mis-yar, terlebih dahulu kita pahami, apa itu nikah misyar.

RIWAYAT: IMAM SYAFI'I BERTABARRUK DENGAN KUBURAN IMAM ABU HANIFAH

Penulis: Rizki Maulana
Al-Khathiib Al-Baghdadiy rahimahulah meriwayatkan :
أخبرنا القاضي أبو عبد الله الحسين بن علي بن محمد الصيمري قال أنبأنا عمر بن إبراهيم المقرئ قال نبأنا مكرم بن أحمد قال نبأنا عمر بن إسحاق بن إبراهيم قال نبأنا علي بن ميمون قال سمعت الشافعي يقول اني لأتبرك بأبي حنيفة وأجيء إلى قبره في كل يوم يعني زائرا فإذا عرضت لي حاجة صليت ركعتين وجئت إلى قبره وسألت الله تعالى الحاجة عنده فما تبعد عني حتى تقضى

TANGGAPAN: IMAM SYAFI'I MENGAMBIL BERKAH DARI BEKAS CUCIAN BAJU IMAM AHMAD

Penulis: Rizki Maulana
Dalam sebuah situs, tertulis sebuah artikel sebagai berikut :

ARTI KALIMAT "KULLU BID'ATIN DHOLALAH", YANG SERING DI SALAH PAHAMI OLEH SEBAGIAN ORANG

Penulis: Rizki Maulana

Sebagian Ahlul bid’ah kadang berhujjah dengan mengatakan bahwa lafazh ‘kullu bid’atin dholalah’ (semua bid’ah itu sesat) dalam hadits yang masyhur itu tidak benar-benar berarti ‘semua’ tanpa kecuali. Mereka mengqiyaskannya dengan nash-nash lain yang juga mengandung lafazh ‘kullu’ namun artinya tidak ‘semua’.

Selasa, 03 Juni 2014

TANGGAPAN TERHADAP USTADZ IDRUS RAMLI: ISTIGHATSAH ADALAH SUNNAH?

  Penulis: Rizki Maulana
Ketika membaca tulisan Ustadz Musmulyadi Lukman, Lc. yang mengkritik tulisan Ustadz Muhammad Idrus Ramli - yang kemudian direpro oleh Ustadz Firanda, MA. dalam websitenya[1] - , saya sempatkan untuk mencari sumber tulisan asli Ustadz Muhammad itu di Fans Page Facebook-nya.

TANGGAPAN TERHADAP USTADZ IDRUS RAMLI: BENARKAH ATH-THABARANI, ABU SYAIKH DAN IBNUL MUQRI BERISTIGHATSA KEPADA NABI

Penulis: Rizki Maulana 

Alhamdulillah, telah berlalu dalam blog ini bahasan tentang ketidakvalidan kisah Istighaatsah An-Naabighah Al-Ja'di yang (katanya Ustadz Muhammad Idrus Ramli) beristighatsah kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.[1] Kembali, kali ini kita akan meninjau apa gerangan yang telah dikatakan oleh Ustadz Muhammad Idrus Ramli perihal Ath-Thabaraaniy, Ibnul-Muqri’, dan Abusy-Syaikh rahimahumullah. Ia (Ustadz Muhammad Idrus Ramli) berkata :

MENJAWAB TUDUHAN: WAHABI MEMALSUKAN TEKS SHAHIH BUKHARI??

  Penulis: Rizki Maulana
 Apa yang diubah?. Dikatakan, teks riwayat yang diubah adalah ini:
حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ، حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ، قَالَ: حَدَّثَنِي مُعَاوِيَةُ بْنُ أَبِي مُزَرِّدٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " خَلَقَ اللَّهُ الْخَلْقَ، فَلَمَّا فَرَغَ مِنْهُ قَامَتِ الرَّحِمُ، فَأَخَذَتْ بِحَقْوِ الرَّحْمَنِ، فَقَالَ لَهُ: مَهْ، قَالَتْ: هَذَا مَقَامُ الْعَائِذِ بِكَ مِنَ الْقَطِيعَةِ، قَالَ: أَلَا تَرْضَيْنَ أَنْ أَصِلَ مَنْ وَصَلَكِ وَأَقْطَعَ مَنْ قَطَعَكِ؟ قَالَتْ: بَلَى يَا رَبِّ، قَالَ: فَذَاكِ "، قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: اقْرَءُوا إِنْ شِئْتُمْ: فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِنْ تَوَلَّيْتُمْ أَنْ تُفْسِدُوا فِي الأَرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ.

CATATAN KECIL BUAT AL-USTADZ: KAPASITAS MENDHAIFKAN HADITS!!

 Penulis: Rizki Maulana


Assalamu'alaikum wr.wb, 
 
Sebelumnya ana berdoa semoga forum ini menjadi semakin exist karena kita semua umat Islam sering bingung dengan banyaknya pertentangan di antara sesama muslim sendiri.

DIALOG BERSAMA TAKFIRI

Oleh : Muhammad Arifin Baderi

Alhamdulillah, sholawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, sahabat, dan setiap orang yang menjalankan sunnahnya hingga hari qiyamat.

KESALAHAN DARI BUKU "SIFAT SHALAT NABI" KARANGAN SYAIKH NASHIRUDDIN AL-ALBANI

  Penulis: Rizki Maulana

Begitulah kira-kira judul bombastis artikel dalam sebuah blog/web. Permasalahan yang hendak diangkat adalah perkataan Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah dalam kitab Shifat Shalat Nabiy bahwa tidak ada perbedaan antara tata cara shalat bagi laki-laki dan wanita. Artikel ini kemudian direpro dalam beberapa blog dan forum yang dipergunakan untuk mencela Asy-Syaikh Al-Albaaniy rahimahullah.

BANTAHAN TERHADAP UMMATIPRESS: HADITS-HADITS TENTANG ISTIWA ALLAH DHAIF??

  Penulis: Rizki Maulana

Tulisan kali ini akan sedikit membahas tanggapan seorang mukhaalif atas artikel yang ditulis Ustadz Firanda hafidhahullah di : http://www.firanda.com/index.php/artikel/31-bantahan/76-mengungkap-tipu-muslihat-abu-salafy-cs. Sayang sekali, harapan saya (Rizki Maulana) mendapatkan faedah dari tulisan mukhaalif (dia adalah Ustadz Ahmad Syahid, pengasuh web www.ummatipress.wordpress.com) tersebut sia-sia karena apa yang ditulisnya hanyalah daur ulang perkataan ngawur kawan-kawannya terdahulu yang gemar mengutip pendapat sesat Hasan As-Saqqaf, yang ia kemas dengan bungkus baru. But,…the content remains the same. Nothing’s new….

BANTAHAN TERHADAP SALAFYTOBAT.WP: IBNU TAIMIYYAH MENDUKUNG MAULID NABI??

 Penulis: Rizki Maulana

Ada sebuah tulisan yang cukup menggelitik dari pemilik Blog salafytobat [lihat : http://salafytobat.wordpress.com/2009/05/11/pemalsuan-pendapat-salaf-oleh-wahhaby-dengan-kedok-takhrij-dan-mukhtarat-meringkas/] yang mengulas tentang Ibnu Taimiyyah dan Maulid Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.