Penulis: Rizki Maulana
Muktamar NU ke-1 di Surabaya tanggal 13 Rabiuts Tsani 1345 H/21 Oktober 1926
Mencantumkan pendapat Ibnu Hajar al-Haitami dan menyatakan bahwa selamatan kematian adalah bid’ah yang hina namun tidak sampai diharamkan dan merujuk juga kepada Kitab Ianatut Thalibin.
Namun Nahdliyin generasi berikutnya menganggap
pentingnya tahlilan tersebut sejajar (bahkan melebihi) rukun Islam/Ahli
Sunnah wal Jama’ah. Sekalipun seseorang telah melakukan
kewajiban-kewajiban agama, namun tidak melakukan tahlilan, akan dianggap
tercela sekali, bukan termasuk golongan Ahli Sunnah wal Jama’ah.
Di zaman akhir yang ini dimana keadaan pengikut
sunnah seperti orang ‘aneh’ asing di negeri sendiri, begitu banyaknya
orang Islam yang meninggalkan kewajiban agama tanpa rasa malu, seperti
meninggalkan Sholat Jum’at, puasa Romadhon,dll.
Sebaliknya masyarakat begitu antusias melaksanakan
tahlilan ini, hanya segelintir orang yang berani meninggalkannya. Bahkan
non-muslim pun akan merasa kikuk bila tak melaksanakannya. Padahal para
ulama terdahulu senantiasa mengingat dalil-dalil yang menganggap buruk
walimah (selamatan) dalam suasana musibah tersebut.
Dari sahabat Jarir bin Abdullah al-Bajali: “Kami
(para sahabat) menganggap kegiatan berkumpul di rumah keluarga mayit,
serta penghidangan makanan oleh mereka merupakan bagian dari niyahah
(meratapi mayit)”. (Musnad Ahmad bin Hambal (Beirut: Dar al-Fikr, 1994)
juz II, hal 204 & Sunan Ibnu Majah (Beirut: Dar al-Fikr) juz I, hal
514)
MUKTAMAR I NAHDLATUL ULAMA (NU) KEPUTUSAN MASALAH DINIYYAH NO: 18 / 13 RABI’UTS TSAANI 1345 H / 21 OKTOBER 1926 DI SURABAYA
TENTANG KELUARGA MAYIT MENYEDIAKAN MAKAN KEPADA PENTAKZIAH
TANYA :
Bagaimana hukumnya keluarga mayat menyediakan makanan
untuk hidangan kepada mereka yang datang berta’ziah pada hari wafatnya
atau hari-hari berikutnya, dengan maksud bersedekah untuk mayat
tersebut? Apakah keluarga memperoleh pahala sedekah tersebut?
Menyediakan makanan pada hari wafat atau hari ketiga atau hari ketujuh itu hukumnya MAKRUH,
apabila harus dengan cara berkumpul bersama-sama dan pada hari-hari
tertentu, sedang hukum makruh tersebut tidak menghilangkan pahala itu.
Dalam kitab I’anatut Thalibin Kitabul Janaiz:
“MAKRUH hukumnya bagi keluarga mayit
ikut duduk bersama orang-orang yang sengaja dihimpun untuk berta’ziyah
dan membuatkan makanan bagi mereka, sesuai dengan hadits riwayat Ahmad
dari Jarir bin Abdullah al Bajali yang berkata: ”kami menganggap
berkumpul di (rumah keluarga) mayit dengan menyuguhi makanan pada
mereka, setelah si mayit dikubur, itu sebagai bagian dari RATAPAN (YANG
DILARANG).”
“Beliau ditanya semoga Allah mengembalikan
barokah-Nya kepada kita. Bagaimanakah tentang hewan yang disembelih dan
dimasak kemudian dibawa di belakang mayit menuju kuburan untuk
disedekahkan ke para penggali kubur saja, dan TENTANG YANG DILAKUKAN
PADA HARI KETIGA KEMATIAN DALAM BENTUK PENYEDIAAN MAKANAN UNTUK PARA
FAKIR DAN YANG LAIN, DAN DEMIKIAN HALNYA YANG DILAKUKAN PADA HARI
KETUJUH, serta yang dilakukan pada genap sebulan dengan pemberian roti
yang diedarkan ke rumah-rumah wanita yang menghadiri proses ta’ziyah
jenazah.
Mereka melakukan semua itu tujuannya hanya sekedar
melaksanakan kebiasaan penduduk setempat sehingga bagi yang tidak mau
melakukannya akan dibenci oleh mereka dan ia akan merasa diacuhkan.
Kalau mereka melaksanakan adat tersebut dan bersedekah tidak bertujuaan
(pahala) akhirat, maka bagaimana hukumnya, boleh atau tidak?
Apakah harta yang telah ditasarufkan, atas keingnan
ahli waris itu masih ikut dibagi/dihitung dalam pembagian tirkah/harta
warisan, walau sebagian ahli waris yang lain tidak senang pentasarufan
sebagaian tirkah bertujuan sebagai sedekah bagi si mayit selama satu
bulan berjalan dari kematiannya. Sebab, tradisi demikian, menurut
anggapan masyarakat harus dilaksanakan seperti “wajib”, bagaimana
hukumnya.”
Beliau menjawab bahwa semua yang dilakukan sebagaimana yang ditanyakan di atas termasuk BID’AH YANG TERCELA
tetapi tidak sampai haram (alias makruh), kecuali (bisa haram) jika
prosesi penghormatan pada mayit di rumah ahli warisnya itu bertujuan
untuk “meratapi” atau memuji secara berlebihan (rastsa’).
Dalam melakukan prosesi tersebut, ia harus bertujuan
untuk menangkal “OCEHAN” ORANG-ORANG BODOH (yaitu orang-orang yang punya
adat kebiasaan menyediakan makanan pada hari wafat atau hari ketiga
atau hari ketujuh, dst-penj.), agar mereka tidak menodai kehormatan
dirinya, gara-gara ia tidak mau melakukan prosesi penghormatan di atas.
Dengan sikap demikian, diharapkan ia mendapatkan
pahala setara dengan realisasi perintah Nabi terhadap seseorang yang
batal (karena hadast) shalatnya untuk menutup hidungnya dengan tangan
(seakan-akan hidungnya keluar darah). Ini demi untuk menjaga kehormatan
dirinya, jika ia berbuat di luar kebiasaan masyarakat.
Tirkah tidak boleh diambil / dikurangi seperti kasus
di atas. Sebab tirkah yang belum dibagikan mutlak harus disterilkan jika
terdapat ahli waris yang majrur ilahi. Walaupun ahli warisnya sudah
pandai-pandai, tetapi sebagian dari mereka tidak rela (jika tirkah itu
digunakan sebelum dibagi kepada ahli waris).
[Buku "Masalah Keagamaan" Hasil Muktamar/ Munas Ulama NU ke I s/d XXX (yang terdiri dari 430 masalah) oleh KH. A. Aziz Masyhuri ketua Pimpinan Pusat Rabithah Ma'ahid Islamiyah dan Pengasuh Ponpes Al Aziziyyah Denanyar Jombang. Kata Pengantar Menteri Agama Republik Indonesia : H. Maftuh Basuni]
Keterangan lebih lengkapnya lihat dalam Kitab I’anatut Thalibin Juz 2 hal. 165 -166 , Seperti terlampir di bawah ini :
وقد أرسل الامام الشافعي - رضي الله عنه - إلى بعض أصحابه يعزيه في ابن له قد مات بقوله: إني معزيك لا إني على ثقة * * من الخلود، ولكن سنة الدين فما المعزى بباق بعد ميته * * ولا المعزي ولو عاشا إلى حين والتعزية: هي الامر بالصبر، والحمل عليه بوعد الاجر، والتحذير من الوزر بالجزع، والدعاء للميت بالمغفرة وللحي بجبر المصيبة، فيقال فيها: أعظم الله أجرك، وأحسن عزاءك، وغفر لميتك، وجبر معصيتك، أو أخلف عليك، أو نحو ذلك.وهذا في تعزية المسلم بالمسلم.
وأما تعزية المسلم بالكافر فلا يقال فيها: وغفر لميتك، لان الله لا يغفر الكفر.
وهي مستحبة قبل مضي ثلاثة أيام من الموت، وتكره بعد مضيها.ويسن أن يعم بها جميع أهل الميت من صغيروكبير، ورجل وامرأة، إلا شابة وأمرد حسنا، فلا يعزيهما إلا محارمهما، وزوجهما.ويكره ابتداء أجنبي لهما بالتعزية، بل الحرمة أقرب.ويكره لاهل الميت الجلوس للتعزية، وصنع طعام يجمعون الناس عليه، لما روى أحمد عن جرير بن عبد الله البجلي، قال: كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعهم الطعام بعد دفنه من النياحة، ويستحب لجيران أهل الميت - ولو أجانب - ومعارفهم - وإن لم يكونوا جيرانا - وأقاربه الاباعد - وإن كانوا بغير بلد الميت - أن يصنعوا لاهله طعاما يكفيهم يوما وليلة، وأن يلحوا عليهم في الاكل.ويحرم صنعه للنائحة، لانه إعانة على معصية.
وقد اطلعت على سؤال رفع لمفاتي مكة المشرفة فيما يفعله أهل الميت من الطعام.وجواب منهم لذلك.
(وصورتهما).
ما
قول المفاتي الكرام بالبلد الحرام دام نفعهم للانام مدى الايام، في العرف
الخاص في بلدة لمن بها من الاشخاص أن الشخص إذا انتقل إلى دار الجزاء، وحضر
معارفه وجيرانه العزاء، جرى العرف بأنهم ينتظرون الطعام، ومن غلبة الحياء
على أهل الميت يتكلفون التكلف التام، ويهيئون لهم أطعمة عديدة، ويحضرونها
لهم بالمشقة الشديدة.فهل لو أراد رئيس الحكام - بما له من الرفق بالرعية، والشفقة على الاهالي - بمنع هذه القضية بالكلية ليعودوا إلى التمسك بالسنة السنية، المأثورة عن خير البرية وإلى عليه ربه صلاة وسلاما، حيث قال: اصنعوا لآل جعفر طعاما يثاب على هذا المنع المذكور ؟ أفيدوا بالجواب بما هو منقول ومسطور.
(الحمد لله وحده) وصلى الله وسلم على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه والسالكين نهجهم بعده.اللهم أسألك الهداية للصواب.
نعم، ما يفعله الناس من الاجتماع عند أهل الميت وصنع الطعام، من البدع المنكرة التي يثاب على منعها والي الامر، ثبت الله به قواعد الدين وأيد به الاسلام والمسلمين.
قال العلامة أحمد بن حجر في (تحفة المحتاج لشرحك المنهاج): ويسن لجيران أهله - أي الميت - تهيئة طعام يشبعهم يومهم وليلتهم، للخبر الصحيح.اصنعوا لآل جعفر طعاما فقد جاءهم ما يشغلهم
.
ويلح عليهم في الاكل ندبا، لانهم قد يتركونه حياء، أو لفرط جزع.ويحرم تهيئه للنائحات لانه إعانة على معصية، وما اعتيد من جعل أهل الميت طعاما ليدعوا الناس إليه، بدعة مكروهة - كإجابتهم لذلك، لما صح عن جرير رضي الله عنه.كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعهم الطعام بعد دفنه من النياحة.
ووجه عده من النياحة ما فيه من شدة الاهتمام بأمر الحزن.
ومن ثم كره اجتماع أهل الميت ليقصدوا بالعزاء، بل ينبغي أن ينصرفوا في حوائجهم، فمن صادفهم عزاهم.
اه.
وفي حاشية العلامة الجمل على شرح المنهج: ومن البدع المنكرة والمكروه فعلها: ما يفعله الناس من الوحشةوالجمع والاربعين، بل كل ذلك حرام إن كان من مال محجور، أو من ميت عليه دين، أو يترتب عليه ضرر، أو نحو ذلك.
اه.وقد قال رسول الله (ص) لبلال بن الحرث رضي الله عنه: يا بلال من أحيا سنة من سنتي قد أميتت من بعدي، كان له من الاجر مثل من عمل بها، لا ينقص من أجورهم شيئا.
ومن ابتدع بدعة ضلالة لا يرضاها الله ورسوله، كان عليه مثل من عمل بها، لا ينقص من أوزارهم شيئا.وقال (ص): إن هذا الخير خزائن، لتلك الخزائن مفاتيح، فطوبى لعبد جعله الله مفتاحا للخير، مغلاقا للشر.وويل لعبد جعله الله مفتاحا للشر، مغلاقا للخير.
ولا شك أن منع الناس من هذه البدعة المنكرة فيه إحياء للسنة، وإماته للبدعة، وفتح لكثير من أبواب الخير، وغلق لكثير من أبواب الشر، فإن الناس يتكلفون تكلفا كثيرا، يؤدي إلى أن يكون ذلك الصنع محرما.والله سبحانه وتعالى أعلم.
كتبه المرتجي من ربه الغفران: أحمد بن زيني دحلان - مفتي الشافعية بمكة المحمية - غفر الله له، ولوالديه، ومشايخه، والمسلمين.
(الحمد لله) من ممد الكون أستمد التوفيق والعون.نعم، يثاب والي الامر - ضاعف الله له الاجر، وأيده بتأييده - على منعهم عن تلك الامور التي هي من البدع المستقبحة عند الجمهور.
قال في (رد المحتار تحت قول الدار المختار) ما نصه: قال في الفتح: ويستحب لجيران أهل الميت، والاقرباء الاباعد، تهيئة طعام لهم يشبعهم يومهم وليلتهم، لقوله (ص): اصنعوا لآل جعفر
طعاما
(ما فقد جاءهم ما يشغلهم.حسنه الترمذي، وصححه الحاكم.
ولانه بر ومعروف، ويلح عليهم في الاكل، لان الحزن يمنعهم من ذلك، فيضعفون حينئذ.وقال أيضا: ويكره الضيافة من الطعام من أهل الميت، لانه شرع في السرور، وهي بدعة.روى الامام أحمد وابن ماجه بإسناد صحيح، عن جرير بن عبد الله، قال: كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعهم الطعام من النياحة.اه.
وفي البزاز: ويكره اتخاذ الطعام في اليوم الاول والثالث وبعد الاسبوع، ونقل الطعام إلى القبر في المواسم إلخ.وتمامه فيه، فمن شاء فليراجع.والله سبحانه وتعالى أعلم.كتبه خادم الشريعة والمنهاج: عبد الرحمن بن عبد الله سراج، الحنفي، مفتي مكة المكرمة - كان الله لهما حامدا مصليا مسلما
Terjemahan kalimat yang telah digaris bawahi atau ditulis tebal di atas, di dalam Kitab I’anatut Thalibin :
1. Ya, apa yang dikerjakan orang, yaitu berkumpul di rumah keluarga mayit dan dihidangkannya makanan untuk itu, adalah termasuk Bid’ah Mungkar, yang bagi orang yang melarangnya akan diberi pahala.
2. Dan apa yang telah menjadi kebiasaan, ahli mayit membuat makanan untuk orang-orang yang diundang datang padanya, adalah Bid’ah yang dibenci.
3. Dan tidak diragukan lagi bahwa melarang orang-orang untuk melakukan Bid’ah Mungkarah itu (Haulan/Tahlilan : red) adalah menghidupkan Sunnah, mematikan Bid’ah, membuka banyak pintu kebaikan, dan menutup banyak pintu keburukan.
4. Dan dibenci bagi para tamu memakan makanan keluarga mayit, karena telah disyari’atkan tentang keburukannya, dan perkara itu adalah Bid’ah. Telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah dengan sanad yang Shahih, dari Jarir ibnu Abdullah, berkata : “Kami menganggap berkumpulnya manusia di rumah keluarga mayit dan dihidangkan makanan , adalah termasuk Niyahah”
5. Dan dibenci menyelenggarakan makanan pada hari pertama, ketiga, dan sesudah seminggu dst.Muhammadiyah, PERSIS dan Al Irsyad, sepakat mengatakan bahwa Tahlilan (Selamatan Kematian) adalah perkara bid’ah, dan harus ditinggalkan
Dari Thalhah: “Sahabat Jarir mendatangi sahabat Umar,
Umar berkata: Apakah kamu sekalian suka meratapi mayat? Jarir menjawab:
Tidak, Umar berkata: Apakah di antara wanita-wanita kalian semua suka
berkumpul di rumah keluarga mayit dan memakan hidangannya? Jarir
menjawab: Ya, Umar berkata: Hal itu sama dengan meratap”. (al-Mashnaf
ibn Aby Syaibah (Riyad: Maktabah al-Rasyad, 1409), juz II hal 487) dari
Sa’ied bin Jabir dan dari Khaban al-Bukhtary, kemudian dikeluarkan pula
oleh Abd al-Razaq: “Merupakan perbuatan orang-orang jahiliyyah niyahah ,
hidangan dari keluarga mayit, dan menginapnya para wanita di rumah
keluarga mayit”. (al-Mashnaf Abd al-Razaq al-Shan’any (Beirut: al-Maktab
al- Islamy, 1403) juz III, hal 550. dikeluarkan pula oleh Ibn Abi
Syaibah dengan lafazh berbeda melalui sanad Fudhalah bin Hashien, Abd
al-Kariem, Sa’ied bin Jabbier) Dari Ibn Aby Syaibah al-Kufy: “Telah
berbicara kepadaku Yan’aqid bin Isa dari Tsabit dari Qais, beliau
berkata: saya melihat Umar bin Abdul Aziz melarang keluarga mayit
mengadakan perkumpulan, kemudian berkata: kalian akan mendapat bencana
dan akan merugi”.
Dari Ibn Aby Syaibah al-Kufy: “Telah berbicara kepada
kami, Waki’ bin Jarrah dari Sufyan dari Hilal bin Khabab al Bukhtary,
beliau berkata: Makanan yang dihidangkan keluarga mayat adalah merupakan
bagian dari perbuatan Jahiliyah dan meratap merupakan bagian dari
perbuatan jahiliyah”.
Syekh Nawawi al-Bantani, Syekh Arsyad al-Banjary dan Syekh Nuruddin ar- Raniry
yang merupakan peletak dasar-dasar pesantren di Indonesia pun masih
berpegang kuat dalam menganggap buruknya selamatan kematian itu.
“Shadaqah untuk mayit, apabila sesuai dengan tuntunan
syara’ adalah dianjurkan, namun tidak boleh dikaitkan dengan hari ke
tujuh atau hari- hari lainnya, sementara menurut Syaikh Yusuf, telah
berjalan kebiasaan di antara orang-orang yang melakukan shadaqah untuk
mayit dengan dikaitkan terhadap hari ketiga dari kematiannya, atau hari
ke tujuh, atau keduapuluh, atau keempatpuluh, atau keseratus dan
sesudahnya hingga dibiasakan tiap tahun dari kematiannya, padahal hal
tersebut hukumnya makruh.
Demikian pula makruh hukumnya menghidangkan makanan
yang ditujukan bagi orang-orang yang berkumpul pada malam penguburan
mayit (biasa disebut al-wahsyah), bahkan haram hukumhukumnya biayanya
berasal dari harta anak yatim”. (an-Nawawy al-Bantani, Nihayah al-Zein
fi Irsyad al-Mubtadi’ien (Beirut: Dar al-Fikr) hal 281).
Pernyataan senada juga diungkapkan Muhammad Arsyad al-Banjary dalam Sabiel al-Muhtadien (Beirut: Dar al-Fikr) juz II, hal 87, serta Nurudin al-Raniry dalam Shirath al-Mustaqim (Beirut: Dar al-Fikr) juz II, hal 50)
Dari majalah al-Mawa’idz yang diterbitkan oleh NU pada tahun 30-an,
menyitir pernyataan Imam al-Khara’ithy yang dilansir oleh kitab
al-Aqrimany disebutkan: “al-Khara’ithy mendapat keterangan dari Hilal
bin Hibban r.a, beliau berkata: ‘Penghidangan makanan oleh keluarga
mayit merupakan bagian dari perbuatan orang-orang jahiliyah’. kebiasaan
tersebut oleh masyarakat sekarang sudah dianggap sunnah, dan
meninggalkannya berarti bid’ah, maka telah terbalik suatu urusan dan
telah berubah suatu kebiasaan’. (al-Aqrimany dalam al-Mawa’idz;
Pangrodjong Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18, hal.286).
Dan para ulama berkata: “Tidak pantas orang Islam
mengikuti kebiasaan orang Kafir, oleh karena itu setiap orang seharusnya
melarang keluarganya dari menghadiri acara semacam itu”. (al-Aqrimany
hal 315 dalam al-Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel Oelama Tasikmalaya,
Th. 1933, No. 18, hal.285)
Al-Sayyid al-Bakry Abu Bakr al-Dimyati dalam kitabnya
I’anah at- Thalibien menghukumi makruh berkumpul bersama di tempat
keluarga mayat, walaupun hanya sebatas untuk berbelasungkawa, tanpa
dilanjutkan dengan proses perjamuan tahlilan.
Ibnu Taimiyah ketika menjawab pertanyaan tentang
hukum dari al-Ma’tam: “Tidak diterima keterangan mengenai perbuatan
tersebut apakah itu hadits shahih dari Nabi, tidak pula dari
sahabat-sahabatnya, dan tidak ada seorangpun dari imam-imam muslimin
serta dari imam madzhab yang empat (Imam Hanafy, Imam Maliki, Imam
Syafi’i, Imam Ahmad) juga dari imam-imam yang lainnya, demikian pula
tidak terdapat keterangan dari ahli kitab yang dapat dipakai pegangan,
tidak pula dari Nabi, sahabat, tabi’ien, baik shahih maupun dlaif, serta
tidak terdapat baik dalam kitab-kitab shahih, sunan-sunan ataupun
musnad-musnad, serta tidak diketahui pula satupun dalam hadits-hadits
dari zaman nabi dan sahabat.
” Menurut pendapat Mufty Makkah al-Musyarafah, Ahmad bin Zainy Dahlan yang dilansir dalam kitab I’anah at-Thalibien: “Tidak
diragukan lagi bahwa mencegah masyarakat dari perbuatan bid’ah munkarah
tersebut adalah mengandung arti menghidupkan sunnah dan mematikan
bid’ah, sekaligus berarti menbuka banyak pintu kebaikan dan menutup
banyak pintu keburukan”. (al-Sayyid al-Bakry Abu Bakr al-Dimyati, I’anah at-Thalibien juz II, hal 166)
Memang seolah-olah terdapat banyak unsur kebaikan
dalam tahlilan itu, namun bila dikembalikan ke dalam hukum agama dimana
Hadits ke-5 Arba’in an- Nawawiyah disebutkan: “Dari Ummul mukminin, Ummu
‘Abdillah, ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah
bersabda: “Barangsiapa yang mengada-adakan sesuatu dalam urusan agama
kami ini yang bukan dari kami, maka dia tertolak”. (Bukhari no. 2697,
Muslim no. 1718)
Ahli Sunnah wal Jama’ah adalah instrumen untuk
menjaga kemurnian Islam ini meskipun sampai akhir zaman Allah tidak
mengutus Rasul lagi. Dibalik larangan bid’ah terkandung hikmah yang
sangat besar, membentengi perubahan- perubahan dalam agama akibat arus
pemikiran dan adat istiadat dari luar Islam.
Bila pada umat-umat terdahulu telah menyeleweng
agamanya, Allah mengutus Rasul baru, maka pada umat Muhammad ini Allah
tidak akan mengutus Rasul lagi sampai kiamat, namun membangkitkan orang
yang memperbarui agamanya seiring penyelewengan yang terjadi. Ibadah
yang disunnahkan dibandingkan dengan yang diada-adakan hakikatnya sangat
berbeda, bagaikan uang/ijazah asli dengan uang/ijazah palsu, meskipun
keduanya tampak sejenis.
Yang membedakan 72 golongan ahli neraka dengan 1
golongan ahli surga adalah sunnah dan bid’ah. Umat ini tidak
berpecahbelah sehebat perpecahan yang diakibatkan oleh bid’ah.
Perpecahan umat akibat perjudian, pencurian, pornografi, dan kemaksiatan
lain akan menjadi jelas siapa yang berada di pihak Islam dan
sebaliknya.
Sedang perpecahan akibat bid’ah senantiasa lebih rumit, kedua belah pihak yang bertikai kelihatannya sama-sama alim.
Ibn Abbas r.a berkata: “Tidak akan datang suatu zaman
kepada manusia, kecuali pada zaman itu semua orang mematikan sunnah dan
menghidupkan bid’ah, hingga matilah sunnah dan hiduplah bid’ah. tidak
akan ada orang yang berusaha mengamalkan sunnah dan mengingkari bid’ah,
kecuali orang tersebut diberi kemudahan oleh Allah di dalam menghadapi
segala kecaman manusia yang diakibatkan karena perbuatannya yang tidak
sesuai dengan keinginan mereka serta karena ia berusaha melarang mereka
melakukan apa yang sudah dibiasakan oleh mereka, dan barangsiapa yang
melakukan hal tersebut, maka Allah akan membalasnya dengan berlipat
kebaikan di alam Akhirat”.(al- Aqriman y hal 315 dalam al-Mawa’idz;
Pangrodjong Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18, hal.286)
Sehingga disimpulkan oleh Majalah al-Mawa’idz bahwa
mengadakan perjamuan di rumah keluarga mayit berarti telah melanggar
tiga hal:
1. Membebani keluarga mayit, walaupun tidak meminta untuk menyuguhkan makanan, namun apabila sudah menjadi kebiasaan, maka keluarga mayit akan menjadi malu apabila tidak menyuguhkan makanan.
2. Merepotkan keluarga mayit, sudah kehilangan anggota keluarga yang dicintai, ditambah pula bebannya.
3. Bertolak belakang dengan hadits. Menurut hadits, justeru kita (tetangga) yang harus mengirimkan makanan kepada keluarga mayit yang sedang berduka cita, bukan sebaliknya. (al-Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, hal 200)
Kemudian, berdasarkan keterangan Sayid Bakr di dalam
kitab ‘Ianah, ternyata para ulama dari empat madzhab telah menyepakati
bahwa kebiasaan keluarga mayit mengadakan perjamuan yang biasa disebut
dengan istilah nyusur tanah, tiluna, tujuhna, dst merupakan perbuatan
bid’ah yang tidak disukai agama (hal 285).
Melalui kutipan-kutipan tersebut, diketahuilah bahwa
sebenarnya yang menghukumi bid’ah munkarah itu ternyata ulama-ulama Ahl
as-Sunnah wa al- Jamaah, bukan hanya (majalah) Attobib, al-moemin,
al-Mawa’idz. tidak tau siapa yang menghukumi sunat, apakah Ahl as-Sunnah
wa al-Jamaah atau bukan (hal 286). Dan dapat dipahami dari dalil-dalil
terdahulu, bahwa hukum dari menghidangkan makanan oleh keluarga mayit
adalah bid’ah yang dimakruhkan dengan makruh tahrim (makruh yang identik
dengan haram). Demikian dikarenakan hukum dari niyahah adalah haram,
dan apa yang dihubungkan dengan haram, maka hukumnya adalah haram”.
(al-Aqrimany hal 315 dalam al- Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel ‘Oelama
Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18, hal.286)
Kita tidaklah akan lepas dari kesalahan, termasuk
kesalahan akibat ketidaktahuan, ketidaksengajaan, maupun ketidakmampuan.
Namun jangan sampai kesalahan yang kita lakukan menjadi sebuah
kebanggaan. Baik yang menghukumi haram maupun makruh, sebagaimana halnya
rokok, tahlilan, dll selayaknya diusahakan untuk ditinggalkan, bukan
dibela-bela dan dilestarikan.
cari ilmu walaupun hawa nafsumu mengingkarinya !!!
BalasHapushttp://rullystyono.blogspot.com/2012/08/tahlilan.html
buku yg anda pampang adalah desertasi simpatisan NU ( anak paud ) bukan STAFF AHLI NU, seperi contoh buku KIYAI NU MENGGUGAT TAHLILAN -ternyata sikapnya ga lebih dari seorang Antek Yahudi kenapa ? saat di konfirmasi diajak diskusi DI SBY & diMALANG Unibraw Dia TIDAK DATANG ....maka saudaraku Jangan kau anggap kata BIDAH tetapi Ikhtilaf karena BIDAH endingnya FINNAR kasian umat islam yg Awam !!!!
Anda lucu yaa?? Jgn cuma lihat foto-nya doank bung, tapi lihat isi artikelnya!!
HapusBeranikah antum mengatakan bahwa kitab NU seperti I’anatut Thalibin Kitabul Janaiz dikarang oleh anak paud??
Adapun soal ketidakdatangan Mahrus Ali untuk berdiskusi, mungkin saja dia ada kesibukan atau urusan pribadi lainnya.
Anda ini su'udzan rupanya!!