Oleh : Abu ‘Utsmaan Ismaa’iil bin ‘Abdirrahmaan Ash-Shaabuuniy rahimahullaah (373 – 449 H)
Ada baiknya jika saya (Rizki Maulana, pent) tuliskan sedikit pemaparan biografi Al-Imam Abu ‘Utsman Ash-Shaabuuniy rahimahullah.
“Beliau
adalah Abu ‘Utsmaan Ismaa’iil bin ‘Abdirrahmaan bin Ahmad bin Ismaa’iil
bin ‘Aamir bin ‘Aabid Ash-Shaabuuniy An-Naisaabuuriy, Al-Haafidh,
Al-Mufassir, Al-Muhadiits, Al-Faqiih, Al-Mulaqqib, Syaikhul-Islaam.
Lafadh ‘Ash-Shaabuuniy’ dinisbatkan kepada pekerjaan beliau sebagai
pembuat/pedagang sabun, sebagaimana disebutkan oleh As-Sam’aaniy rahimahullah dalam kitab Al-Ansaab.
Dilahirkan pada pertengahan bulan Jumadil-Akhir 373 H.
Diantara guru beliau rahimahullah yang terkenal adalah :
1. Al-Haakim An-Naisaburiy, Abu ‘Abdillah – penulis kitab Al-Mustadrak ‘alash-Shahihain.
2. Abi Thaahir Muhammad bin Al-Fadhl bin Muhammad bin Ishaaq bin Khuzaimah.
3. Abu Muhammad Al-Hasan bin Ahmad bin Muhammad bin Mikhlad Asy-Syaibaniy An-Naisaburiy.
4. Abul-Hasan Ahmad bin Muhammad bin ‘Umar Az-Zaahid.
5. Dan yang lainnya.
Adapun murid-murid beliau rahimahullah yang terkenal antara lain :
1. Abul-Qaasim
‘Aliy bin Muhammad bin ‘Aliy bin Ahmad bin Abil-‘Alaa’ As-Sulamiy
Al-Mushiishiy Al-Faqiih Asy-Syaafi’iy; seorang faqih lagi tsiqah.
2. Abu Shaalih Al-Muadzdzin Ahmad bin ‘Abdil-Malik bin ‘Aliy bin Ahmad An-Naisaburiy Al-Haafidh.
3. Abu Muhammad ‘Abdil-‘Aziiz bin Ahmad bin Muhammad At-Taimiy Ad-Dimasyqiy Al-Kattaaniy; seorang imam, muhaddits, lagi mutqin.
4. Dan yang lainnya.
Pujian ulama terhadap beliau rahimahullah :
1. Al-Imam Abu Bakr Al-Baihaqiy rahimahullah :
إنه
إمام المسلمين حقاً وشيخ الإسلام صدقاً ، وأهل عصره كلهم مذعنون لعلو شأنه
في الدين والسيادة وحسن الاعتقاد وكثرة العلم ولزوم طريقة السلف
“Beliau
adalah imam kaum muslimin yang sebenar-benarnya, seorang Syaikhul-Islam
sejati. Semua orang di masanya mengakui ketinggian beliau dalam agama,
kemuliaannya, kebaikan ‘aqidahnya, keluasan ilmunya, dan kesungguhannya
dalam hal kewajiban meniti jalan salaf”.
2. Al-Imam Ibnu Naashiruddin rahimahullah :
كان إماماً حافظاً عمدة مقدماً في الوعظ والأدب وغيرهما من العلوم وحفظة للحديث وتفسير القرآن
“Beliau
adalah seorang imam, haafidh, seorang pemimpin yang didahulukan dalam
nasihat, adab, dan yang lainnya pada bidang ilmu, hafalan hadits, serta
tafsir Al-Qur’an”.
3. Al-Haafidh Adz-Dzahabiy rahimahullah :
الواعظ، المفسر، المصنف، أحد الأعلام، كان شيخ خرسان في زمانه.
“Ahli pemberi nasihat, mufassir, dan penulis. Beliau juga salah seorang tokoh terkemuka, sekaligus penghulu ulama Khurasan”.
Beliau wafat pada bulan Muharram tahun 449 H.
[selesai]
Adapun penjelasan mengenai ciri-ciri Ahlul-Bid’ah sebagaimana tercantum dalam kitab beliau yang berjudul : ‘Aqiidatus-Salaf Ashhaabil-Hadiits adalah sebagai berikut :
١٦٢ - وعلامات
البدع على أهلها بادية ظاهرة ، وأظهر آياتهم وعلاماتهم : شدة معاداتهم
محملة أخبار النبي - صلى الله عليه وسلم- ، واحتقارهم لهم [واستخفافهم بهم]
، وتسميتهم إياهم حشوية ، وجهلة ، وظاهرية ، ومشبهه . اعتقادا منهم في
أخبار رسول الله - صلى الله عليه وسلم- أنها بمعزل عن العلم ، وأن العلم ما
يلقيه الشيطان إليهم من نتائج عقولهم الفاسدة ، ووساوس صدورهم المظلمة ،
وهو أجس قلوبهم الخالية من الخير ، [وكلماتهم] وحججهم بل شبههم الداحضة
الباطلة. (أُوْلَئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فَأَصَمَّهُمْ
وَأَعْمَى أَبْصَارَهُمْ). (وَمَن يُهِنِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِن مُّكْرِمٍ
إِنَّ اللَّهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاء).
162
– Dan ciri-ciri yang dimiliki oleh Ahli Bid’ah itu amatlah jelas dan
terang. Yang paling menonjol di antaranya adalah : Besarnya antipati
mereka terhadap para pembawa riwayat hadits-hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, melecehkan mereka, [merendahkan mereka], bahkan menggelari mereka sebagai hasyawiyyah (tukang hapal catatan kaki), orang-orang jahil, dhahiriyyah (tekstual), dan musyabbihah. Semua itu didasari keyakinan mereka bahwa hadits-hadits Rasulullah shallalaahu ‘alaihi wa sallam itu
terpisah dari ilmu. Dan ilmu (menurut mereka) adalah apa-apa yang
dijejalkan setan kepada mereka, hasil dari olah akal mereka yang rusak,
waswas dari hati mereka yang gelap, imajinasi mereka yang hampa dari
kebenaran, serta [berbagai kalimat] dan hujjah mereka yang lemah dan
bathil. Allah telah berfirman : “Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka” (QS. Muhammad : 23). “Dan
barang siapa yang dihinakan Allah maka tidak seorang pun yang
memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki” (QS. Al-Hajj : 18).
١٦٣ - سمعت
الحاكم أبا عبد الله الحافظ يقول : سمعت أبا على الحسين بن علي الحافظ
يقول ، سمعت جعفر بن أحمد بن سنان الواسطي يقول ، سمعت أحمد بن سنان القطان
يقول : (ليس في الدنيا مبتدع إلا وهو يبغض أهل الحديث ، فإذا ابتدع الرجل
نزعت حلاوة الحديث من قلبه) .
163
– Aku mendengar Al-Haakim Abu ‘Abdillah Al-Haafidh berkata : Aku
mendengar Abu ‘Aliy Al-Husain bin ‘Aliy Al-Haafidh berkata : Aku
mendengar Ja’far bin Ahmad bin Sinaan Al-Waasithiy berkata : Aku
mendengar Ahmad bin Sinaan Al-Qaththaan berkata : “Tidak ada seorang mubtadi’ di
dunia ini kecuali ia membenci Ahlul-Hadits. Karena bila ada seorang
yang berbuat bid’ah, maka akan dicabut manisnya ilmu hadits dalam
hatinya”.
١٦٤ - وسمعت الحاكم يقول سمعت أبا الحسين محمد بن أحمد الحنظلي ببغداد يقول ، سمعت [أبا إسماعيل]
محمد بن إسماعيل الترمذي يقول : كنت أنا وأحمد بن الحسن الترمذي عند إمام
الدين أبي عبد الله أحمد بن حنبل ؛ فقال له أحمد بن الحسن : يا أبا عبد
الله ذكروا لابن أبي قتيلة بمكة أصحاب الحديث فقال : أصحاب الحديث قوم سوء
فقام أحمد بن حنبل وهو ينفض ثوبه ويقول : زنديق ! زنديق ! [زنديق] : حتى
دخل البيت .
164
– Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) mendengar Al-Haakim berkata : Aku
mendengar Abu Al-Husain Muhammad bin Ahmad Al-Handhaliy berkata di
Baghdaad : Aku mendengar [Abu Isma’il] Muhammad bin Isma’il At-Tirmidziy
berkata : “Aku dan Ahmad bin Al-Hasan At-Tirmidziy pernah berada di
sisi Imaamuddiin Abu ‘Abdillah Ahmad bin Hanbal. Maka Ahmad bin Al-Hasan
berkata kepadanya : ‘Wahai Abu ‘Abdillah, orang-orang pernah menyebut
Ahli Hadits di hadapan Ibnu Abi Qutailah. Maka ia (Ibnu Abi Qutailah)
berkata : ‘Para Ahli Hadits (Ashhaabul-Hadiits)
adalah satu kaum yang jelek’. Maka Ahmad bin Hanbal berdiri sambil
mengibaskan pakaiannya seraya berkata : ‘Zindiq, zindiq, [zindiq] !’,
hingga ia masuk rumah”.
١٦٥ - وسمعت
الحاكم أبا عبد الله يقول ، سمعت أبا نصر أحمد بن سهل الفقيه ببخارى يقول ،
سمعت أبا نصر بن سلام الفقيه يقول:(ليس شيء أثقل على أهل الإلحاد ، ولا
أبغض إليهم من سماع الحديث وروايته بإسناده ).
165
– Aku mendengar (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) Al-Haakim Abu ‘Abdillah
berkata : Aku mendengar Abu Nashr Ahmad bin Sahl, seorang faqih negeri
Bukhara, berkata : Aku mendengar Abu Nashr bin Salaam Al-Faqiih berkata : “Tidak ada satu hal yang lebih berat dan dibenci oleh Ahlul-Ilhaad (pengingkar/atheis/Ahli Bid’ah) daripada mendengarkan hadits dan meriwayatkan dengan sanadnya”.
١٦٦ - وسمعت
الحاكم يقول : سمعت الشيخ أبا بكر أحمد بن إسحاق بن أيوب الفقيه – وهو
يناظر رجلاً – فقال الشيخ أبو بكر : حدثنا فلان ، فقال له الرجل : دعنا من
حدثنا إلى متى حدثنا ؟ فقال الشيخ له : قم يا كافر ، فلا يحل لك أن تدخل داري بعد هذا أبداً. ثم التفت إلينا وقال : ما قلت [قط] لأحد قط ما تدخل داري إلا هذا.
166
– Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) mendengar Al-Haakim berkata : Aku
mendengar Asy-Syaikh Abu Bakr Ahmad bin Ishaaq bin Ayyuub Al-Faqiih –
saat itu ia tengah berdebat dengan seorang laki-laki - . Maka berkatalah
Asy-Syaikh Abu Bakr : “Haddatsanaa Fulaan (Telah menceritakan kepada kami Fulan)”. Laki-laki tersebut berkata kepadanya : “Tinggalkan kami dari perkataan haddatsanaa. Sampai kapan kita menyebut haddatsanaa
?”. Syaikh Abu Bakr berkata : “Berdirilah wahai kafir ! Tidak halal
bagimu untuk memasuki rumahku setelah ini untuk selamanya”. Kemudian ia
(Asy-Syaikh Abu Bakr) menoleh kepada kami dan berkata : “Aku tidak
pernah berkata pada seorang pun untuk tidak masuk ke rumahku kecuali
pada orang ini”.
١٦٧ - سمعت [الأستاذ] أبا منصور محمد بن عبد الله ابن حمشاد العالم الزاهد [رحمه الله]
يقول ، سمعت أبا القاسم جعفر بن أحمد المقرى الرازي يقول : قرئ على عبد
الرحمن بن أبي حاتم الرازي وأنا أسمع : سمعت أبي يقول – عنى به الإمام في
بلده أبا حاتم محمد بن إدريس الحنظلي الرازي – يقول : ( علامة أهل البدع
الوقيعة في أهل الأثر وعلامة الزنادقة : تسميتهم أهل الأثر حشوية ، يريدون
بذلك إبطال الآثار . وعلامة القدرية : تسميتهم أهل السنة مجبرة . وعلامة الجهمية : تسميتهم أهل السنة مشبهة . وعلامة الرافضة : تسميتهم أهل الأثر نابتة وناصبة .
167
– Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) mendengar [Al-Ustadz] Abu Manshuur
Muhammad bin ‘Abdillah bin Himsyaad Al-’Aalim Az-Zaahid [rahimahullah]
berkata : Aku mendengar Abul-Qaasim Ja’far bin Ahmad Al-Muqriy
Ar-Raaziy berkata : Pernah dibacakan kepada ‘Abdurrahman bin Abi Haatim
Ar-Raaziy, dan waktu itu aku mendengarkannya : Aku mendengar ayahku
berkata – yang dimaksudkan adalah penghulu ulama
di negerinya, yaitu Abu Haatim Muhammad bin Idriis Al-Handhaliy
Ar-Raaziy berkata - : “Tanda-tanda Ahli Bid’ah adalah mencela Ahlul-Atsar. Tanda-tanda Zanaadiqah adalah penamaan mereka terhadap Ahlul-Atsar dengan Hasyawiyyah.
Mereka memaksudkan hal itu untuk membatalkan/menolak atsar. Tanda-tanda
Qadariyyah adalah penamaan mereka terhadap Ahlus-Sunnah dengan Mujabbirah (=Jabriyyah, golongan yang hanya bergantung kepada taqdir). Tanda-tanda Jahmiyyah adalah penamaan mereka kepada Ahlus-Sunnah dengan Musyabbihah. Dan tanda-tanda Raafidlah adalah penamaan mereka kepada Ahlul-Atsar dengan Naabitah serta Naashibah”.
١٦٨ - قلت : وكل ذلك عصبية ، ولا يلحق أهل السنة إلا اسم واحد ؛ وهو أهل الحديث
168 – Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) berkata : “Semuanya itu dikarenakan ashabiyyah (fanatisme golongan). Tidak ada sebutan yang pantas bagi Ahlus-Sunnah melainkan satu saja, yaitu : Ahlul-Hadiits”.
١٦٩ - قلت : أنا رأيت أهل البدع في هذه الأسماء التي لقبوا بها أهل السنة - [ولا يلحقهم شيء منها فضلا من الله ومنة] - ؛ سلكوا معهم مسلك المشركين [لعنهم الله]
مع رسول الله - صلى الله عليه وسلم - فإنهم أقتسموا القول فيه : فسماه
بعضهم ساحراً وبعضهم كاهنا وبعضهم شاعراً وبعضهم مجنوناً وبعضهم مفتوناً
وبعضهم مفتريا مختلقاً كذاباً ، وكان النبي - صلى الله عليه وسلم - من تلك المعائب
بعيداً بريئاً ، ولم يكن إلا رسولاً مصطفى نبياً ، قال الله عز وجل :
(انظُرْ كَيْفَ ضَرَبُوا لَكَ الأَمْثَالَ فَضَلُّوا فَلاَ يَسْتَطِيعُونَ
سَبِيلاً ).
169
– Aku (Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy) berkata : “Aku memandang para Ahli
Bid’ah dalam penamaan ini yang kemudian mereka gelarkan dengannya kepada
Ahlus-Sunnah – [namun dengan karunia dan keutamaan Allah, tidak
sedikitpun yang pantas disandarkan kepada mereka] adalah mengikuti jalan
kaum musyrikin [semoga Allah melaknat mereka] terhadap Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Mereka membagi-bagi perkataan di dalamnya. Sebagian mereka menamakan
beliau dengan tukang sihir, sebagian lagi dengan dukun, sebagian lagi
dengan tukang syair, sebagian lagi dengan orang gila, sebagian lagi
dengan orang yang terfitnah, sebagian lagi dengan pembual, orang yang
mengada-ada, lagi pendusta. Padahal Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam berlepas diri dan jauh dari segala aib tersebut. Beliau hanyalah seorang Rasul dan Nabi yang terpilih. Allah ‘azza wa jalla telah berfirman : ‘Perhatikanlah,
bagaimana mereka membuat perbandingan-perbandingan tentang kamu, lalu
sesatlah mereka, mereka tidak sanggup (mendapatkan) jalan (untuk
menentang kerasulanmu)’ (QS. Al-Furqaan : 9)”.
١٧٠
- وكذلك المبتدعة خذلهم الله اقتسموا القول في حملة أخباره ، ونقله أثاره ،
ورواة أحاديثه المقتدين بسنته [المعروفين بأصحاب الحديث]، فسماهم بعضهم
حشوية ، وبعضهم مشبهة ، وبعضهم نابتة ، وبعضهم ناصبة وبعضهم جبرية. وأصحاب
الحديث عصامة من هذه المعائب بريئة ، زكية نقية ، وليسوا إلا أهل السنة
المضية ، والسيرة المرضية ، والسبل السوية ، والحجج البالغة القوية ، قد
وفقهم الله جل جلاله لإتباع كتابه ، ووحيه وخطابه [واتباع أقرب أوليائه] ،
والاقتداء برسوله - صلى الله عليه وسلم - في أخباره ، التي أمر فيها أمته
بالمعروف من القول والعمل ، وزجرهم فيها عن المنكر منها ، وأعانهم على
التمسك بسيرته ، والاهتداء بملازمة سنته ، [وجعلهم من أتباع أقرب أوليائه -
وأكرمهم وأعزهم عليه] وشرح صدورهم لمحبته ، ومحبة أئمة شريعته ، وعلماء
أمته .
ومن أحب قوماً فهو منهم يوم القيامة يحكم [قول] رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : ( المرء مع من أحب ) ...
170 – Demikian pula dengan Mubtadi’ (Ahli
Bid’ah) – semoga Allah tidak menolong mereka – membagi-bagi perkataan
kepada para pembawa khabar (hadits), penukil atsar, perawi hadits yang
mengikuti sunnah-sunnah beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam [yang dikenal dengan nama Ashhaabul-Hadiits]. Sebagian Ahli Bid’ah menamakan mereka dengan Hasyawiyyah, sebagian lagi dengan Musyabbihah, sebagian lagi dengan Naabitah, sebagian lagi dengan Naashibah, dan sebagian lagi dengan Jabriyyah. Padahal Ashhaabul-Hadiits
terbebas, berlepas diri, dan bersih dari segala macam aib/cela ini.
Tidak ada sebutan bagi mereka kecuali pengikut sunnah yang terang,
perjalanan yang diridlai, jalan kehidupan yang lurus, dan hujjah yang
terang lagi kuat. Sungguh Allah jalla jalaaluhu telah menguatkan mereka untuk mengikuti (ittiba’) Kitab-Nya, wahyu-Nya, dan firman-Nya; [mengikuti jejak para wali-Nya], meneladani Rasul-Nya shallallaahu ‘alaihi wa sallam
dalam setiap khabar beliau sebagaimana diketahui bahwa hal itu beliau
perintahkan kepada umatnya dalam perkataan maupun perbuatan, serta
mencegah mereka untuk berbuat kemunkaran. Allah juga menolong mereka
untuk dapat berpegang teguh pada perjalanan hidup beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam,
meneladani dan konsekuen pada sunnah-sunnah beliau. [Dan Allah pun
menjadikan siapa saja yang mengikuti syari’at-Nya sebagai wali-wali-Nya
yang paling dekat - yang paling mulia dan terhormat]. Allah juga
melapangkan dada mereka untuk mencintai beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam,
para imam/pemimpin syari’at-Nya, dan para ulama umat. Barangsiapa yang
mencintai suatu kaum, maka ia termasuk bagian dari mereka di hari kiamat
kelak, dengan dasar [sabda] Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘Seseorang itu bersama orang yang ia cintai’ “.
[Selesai].
Bahan bacaan :
1. ‘Aqiidatus-Salaf Ashhaabil-Hadiits
oleh Abu ‘Utsman Ash-Shaabuniy, hal. 116-120, tahqiq : Badr bin
‘Abdillah Al-Badr; Maktabah Al-Ghurabaa’ Al-Atsariyyah, Cet. 2/1415 H,
Madinah].
2. Syarh ‘Aqiidatis-Salaf wa Ashhaabil-Hadiits li-Abi ‘Utsman Ash-Shaabuniy oleh Dr. Khaalid bin ‘Aliy Al-Musyaiqih.
3. Aqidah Salaf Ashabul-Hadits, terjemah oleh : Abu Umar Basyir Al-Maidani, hal. 184-194; Pustaka At-Tibyan, Solo].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar